5 Cara Menanggulangi Tinta Printer Tidak Keluar Dengan Mudah

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Dengan Mudah
Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Dengan Mudah

Calonsiswa.id – Memiliki printer di periode kini ini, akan sangat berguna untuk menuntaskan berbagai tugas dan pekerjaan yang harus berupa cetak. Namun, pernahkah Anda mengalami persoalan dan hambatan dalam menggunakan printer, contohnya disaat Anda butuh, tinta printer tersebut tidak keluar.

Apakah harus segera dibawa ke daerah service? Atau bekerjsama mampu Anda perbaiki sendiri? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak 5 cara menangani tinta printer tidak keluar, dibawah ini!

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

1. Mengisi Ulang Tinta Printer

Bisa jadi tinta yang tidak keluar dari printer ialah suatu tAnda bahwa tinta pada printer tersebut telah habis. Seperti yang kita pahami bahwa tAnda dari suatu tinta yang habis adalah hasil dari tulisan yang kita print cuma berbentukgaris, dan usang kelamaan warnanya akan hilang total.
Alangkah lebih baik bila memakai tinta infus Anda tidak menanti hingga tintanya habis total baru Anda isi. Jika Anda memakai tinta inkjet maka isilah tinta tersebut secukupnya, dengan dosis yang pas. Jika tinta tersebut terlampau banyak maka akan tumpah dan mampu menghancurkan printer, disamping itu untuk menentukan jumlah tinta pada tinta inkjet mampu dilihat dari berat cartridge.

2. Melakukan Cleaning And Deep Cleaning

Fitur cleaning and deep cleaning berfungsi untuk membersihkan catridge dari sumbatan dan kotoran. Untuk menggunakan fitu ini, caranya adalah:
  1. Klik start, dilanjutkan dengan devices and printer
  2. Klik kanan pada printer yang memiliki masalah
  3. Klik printing preferences
  4. Di tab maintenance, klik opsi cleaning and deep cleaning
  5. Tunggulah sampai simpulan, lakukan 2 – 3 kali

3. Membersihkan Sumbatan Di Head Catridge

Kotoran yang menyumbat catridge akan menghalangi tinta keluar dari printer, berikut cara membersihkan sumbatan di head cartridge:
  1. Rendam catridge dalam suatu kolam besar dan menggunakan air hangat, sesuaikan kawasan untuk membersihkan catridge dengan printernya semoga gampang untuk dibersihkan.
  2. Gunakan tisu, lap, atau kain untuk membersihkan printer tersebut
  3. Lepaskan catridge dengan printer, kemudian rendam bab head catridge saja, sampai airnya tercampur dengan warna tinta.
  4. Bersihkan head cartridge menggunakan tisu
  5. Keringkan head cartridge dan pasangkan kembali pada printer

4. Bebaskan Rongga Udara Di Selang Infus

Adanya rongga udara atau butiran udara umumnya dialami oleh printer berupa tinta infus. Hal tersebut dapat menyumbat tinta, sehingga keluarnya tersendat sendat atau bahkan tidak keluar sama sekali. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat menggunakan cara berikut ini:
  1. Gunakan suntikan tanpa jarum, kemudian masukkan ujung suntik tersebut ke kawasan tinta yang bermasalah, jepit selang tinta tersebut.
  2. Lepaskan dan keluarkan cartridge dan selang
  3. Tekan jarum suntik sampai semua rongga udara tidak ada, dan pasang catridge kembali.

5. Mengganti Catridge

Cara terakhir untuk menanggulangi tinta printer yang tidak keluar ialah dengan mengganti catridge. Mungkin saja catridge Anda mengalami dilema atau kerusakan, sehingga perlu diganti cartridge yang gres.

Akhir Kata

Kesimpulannya, Anda mesti mencari dilema utama mengapa tinta printer Anda tidak mampu keluar, sehingga Anda dapat mencari penyelesaian sesuai permasalahannya. Semoga berita mengenai cara menanggulangi tinta printer tidak keluar berfaedah.
Semoga artikel ini berfaedah buat teman-teman sekalian dalam mencari suatu Panduan 5 Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Dengan Praktis, lebih dan kurang saya mohon maaf dan jika kamu memiliki kendala terkait postingan diatas silahkan komen lewat form komentar dibawah artikel ini sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *