Ragam  

7 Cara Cepat Menghafal Alquran 30 Juz ala Pondok Tahfiz Al-Quran

7 Cara Cepat Menghafal Alquran 30 Juz

Semua muslim ingin selalu berusaha menghafal alquran dengan cepat. Al-Quran bisa meninggikan derajat manusia dihadapan Allah swt. baik didunia maupun dikhirat nantinya. Tak heran jika ummat muslim berlomba-lomba mengejar kemuliaan tersebut dengan cara menghafal Al-Quran.

7 Cara Cepat Menghafal Alquran 30 Juz

Berikut tips Cara Hafal Quran cepat, buat kamu yang sedang berjuang menyelesaikan hafalan Quran 30 Juz:

1. Niat & Tekad kuat

Sebelum menghafal Quran baiknya memasang niat terlebih dahulu. Niatkan menghafal Al-Quran untuk mencari ridho Allah swt. Bukan yang lain. Timbulkan tekad dan semangat yang kuat untuk memulai menghafal Al-Quran.

2. Lingkungan

Bersahabatlah dengan penghafal Al-Quran. Motivasi semangat menghafal Quran akan terus meningkat Ketika bersahabat karib dengan pejuang 30 Juz Al-Quran.

Dari itu, pentingnya para penghafal Al-Quran memiliki lingkungan yang tepat ketika berjuang mengejar hafalan Qurannya, contohnya di Pondok Pesantren khusus Al-Quran.

3. Memperbaiki Bacaan Tajwid

Sebelum menghafal Al-Quran baiknya koreksi terlebih dahulu bacaan Al-Quran kita (disimak oleh guru). Khawatirnya nanti ketika orang yang sudah menghafal Al-Quran tetapi bacaannya hurufnya masih banyak yang salah akan sulit diperbaiki.

4. Guru Pembimbing (Asatidz)

Menghafal tanpa setoran itu bagai bingkai tanpa foto (tidak ada hasil). Pentingnya kita memiliki guru pembimbing saat menghafal Al-Quran, ketika salah ada yang mengur lebih-lebih kesahalan pada makhrajil huruf yang kita baca. Jangan sampai ketika hafal 30 juz tetapi bacaan tajwid dan makhrajil huruf masih banyak yang salah.

5. Perbanyak Targhib (motivasi)

Di Pondok Pesantren akan sering kita mendengar ceramah atau kajian tentang keisitmewaan Al-Quran, maka ketahuilah keistimewaan para penghafal Al-Quran agar kita semakin tumbuh rasa semangat ketika menghafal.

6. Menggunakan Satu Mushaf

Jangan terlalu sering gonta-ganti mushaf Al-Quran ketika menghafal Al-Quran, gunakanlah satu mushaf Al-Quran untuk dihafal hingga kamu berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz. Artinya, beda Al-Quran beda yang akan kamu ingat (bisa menambah kebingungan ketika muroja’ah)

7. Istiqomah Bersama Al-Quran

Salah satu motivasi besar dari Mudir (pimpinan pondok) kami adalah “Menghafal Al-Quran bukan perkara siapa yang paling cepat khatam 30 juz, tetapi perkara siapa yang istiqomah bersama Al-Quran” – Ust. Husnul Haetami, QH. (Pendiri sekaligus Pimpinan Rumah Quran Nahdlatul Wathan Lombok)

Akhir Kata

Itulah dia 7 Motivasi dalam menghafal Al-Quran ala Pondok Pesantren, semoga dengan membaca artikel ini menambah wawasan serta semangat kita menghafal Al-Quran, yuk Mondok di Pondok Pesantren. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *