Cara Memperpanjang Kaleng Plat Nomor Motor Di Luar Kota

cara-perpanjang-kaleng-plat-nomor-di-luar-kota

Halo semuanya kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara memperpanjang kaleng plat nomor motor yang sudah expired berlakunya yaitu 5 tahun, pada artikel ini saya akan membahas ini semuanya.

Sebelum membahas lebih dalam, perlu kamu ketahui bahwa plat nomor motor adalah kelengkapan yang wajib bagi setiap orang yang mempunyai kendaraan baik itu roda empat atau lebih, jika kendaraan kamu sudah mempunyai plat nomor maka sah dan legal lah kendaraan anda untuk ditumpangi.

Baik kita langsung bahas aja ke intinya, jadi permasalahan yang saya hadapi yaitu saya membawa motor saya ke rantauan tempat kerja yaitu jakarta, sedangkan motor dan plat nomor saya purwakarta di mana kode plat nomor purwkarta yaitu dengan awalan T.

Berhubung plat nomor saya habis tahun 2020 di mana di tahun ini sedang terjadi pandemi covid-19 sehingga saya tidak bisa pulang ke kota asal, tapi jangan khawatir tenyata mudah dan gak ribet kok asal kita sabar mengurusnya.

setelah saya cari tahu tentang informasi cara memperpanjang kaleng plat nomor motor alhamdulillah sedikit demi sedikit mulai ketemu titik terang, berikut di bawah ini yaitu

Langkah demi langkah memperpanjang kaleng Plat Nomor di Luar kota

1. Siapkan kelengkapan surat-surat

Tentunya kelengkapan surat-surat adalah hal yag wajib kamu persiapkan, yaitu KTP, STNK, SIM dan BPKB bawa yang aslinya dan foto copy juga semuanya

2. langsung cek fisik di kantor samsat

Setelah mempersiapkan semua kelengkapan berkas, kamu tinggal langsung aja ke kantor samsat dan menuju ke tempat cek fisik, perlu diketahui saat masa pandemi kantor samsat yang buka di jakarta hanya kantor samsat induk yang ada di deket SCBD, sesuai pengalaman saya ternyata proses cek fisiknya tidak lama dan tidak ribet semuanya serba cepat ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerumunan orang, untuk biaya cek fisik sendiri tidak mahal kok kita cuman diminta 20 ribu doang

3. Serahkan dan Tunggu bukti cek fisik kendaraan kita ke loket pengesahan

Setelah selesai cek fisik motor, kita akan disuruh untuk menyerahkan bukti cek fisik motor di loket pengesahan, tidak lama juga untuk menunggu proses pengesahan ini sesuai pengalaman saya kurang lebih 10 menit.

5. Foto Copy Semua Bukti Cek Fisik

Ini dimkasdukan agar kita berjaga-jaga karena bukti cek fisik asli dan dokumen asli kita akan dikirim ke kota asal, sehingga bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penilangan polisi, seandaikan kita ditilang polisi kita bisa menunjukan bahwa motor kita sedang diurus untuk diperpanjang masa aktifnya.

4. Kirimkan Bukti Cek Fisik Ke Kota Asal

Setelah bukti cek fisik kita disahkan dan di foto copy untuk kita sendiri, maka kirimkanlah semua berkas asli, seperti KTP, STNK, BPKB, dan Bukti Cek fisiknya juga, untuk jasa pengiriman itu terserah kalian mau pake apa, saya sendiri pake JNE.

Tapi perlu diketahui juga, jangan kalian kirim dokumennya langsung ke alamat samsat kota asal, tapi kirimkanlah ke keluarga kamu, jadi intinya yang mengurus keluarga kamu di sana, kemudian dokumennya di bawa ke kantor samsat.

Di samsat kota asal lah semuanya akan diurus mulai dari pembuatan kaleng, biaya pembuatannya
dan juga biaya memperpanjang STNK tahunan.

5. Mintalah Kirim Kembali Dokumen dan Kaleng Plat Nomor

Tentunya jika semuanya sudah selesai maka kamu minta kembali kirim dokumen penting mu seperti KTP asli,STNK asli dan juga kaleng plat nomornya ke kota tempat kamu bekerja, setelah itu nanti kamu bisa langsung di pasang di motor kamu.

Nah itulah sedikit berbagi pengalaman saya mengenai cara memperpanjang plat nomor motor di luar kota, gimana gak ribet kan? mudah-mudahan kamu juga bisa seperti saya, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *