Cara Setting Dan Konfigurasi Hospot Di Mikrotik Lengkap

CaraSetting dan Konfigurasi Hospot di Mikrotik Lengkap Cara Setting dan Konfigurasi Hospot di Mikrotik Lengkap
CaraSetting dan Konfigurasi Hospot di Mikrotik Lengkap

Cara Setting dan Konfigurasi Hospot di Mikrotik Lengkap – Ketika kita berlangsung kesuatu kawasan dan mampir untuk berbelanja atau ingin makan disuatu daerah perjuangan, hal yang paling kerap kita cari yaitu suatu koneksi internet, dimana nyaris diberbagai macam kelompok usaha saat ini telah menerapkan sistem hospot tersebut baik dirumah, daerah perjuangan, maupun kawasan-kawasan tongkrongan dimana hal ini ialah salah satu hal yang wajib diera saat ini.

Mengapa begitu? itu disebabkan karena hampir setiap orang pasti memerlukan sebuah koneksi internet. misalnya dalam membuat suatu sosial media atau ingin menyimak dan melihat video di YouTube dan ingin mengupdate suatu konten tentu saja membutuhkan yang namanya koneksi internet yang tanpa hambatan.

Lalu bagaimana cara untuk membuat jaringan hospot?

Sebenarnya banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat jaringan tersebut, namun sesuai dengan judul artikel kali ini kita memerlukan yang namanya mikrotik dimana alat tersebut yang nantinya akan melaksanakan manajemen pada jaringan hospot yang sudah kau buat sebelumnya.
Untuk melaksanakan settingan dasar pada mikrotik langkah-langkahnya telah aku buatkan didalam artikel yang berjudul Cara Setting Mikrotik Agar Terhubung ke Jaringan Internet. Dimana didalam artikel tersebut sudah aku jabarkan terkait bagaimana cara setting mikrotik supaya bisa terhubung kedalam jaringan internet anda. Selanjutnya disini kita akan menciptakan sebuah jaringan hospot dengan memakai fitur yang tersedia di Mikrotik.

Topologi Jaringan Hospot di Mikrotik

Tetapi sebelum kita masuk pada pembahasan utama hal awal yang harus anda kerjakan adalah membuat terlebih dahulu rancangan topologi Jaringan hospot yang akan anda pakai, disini saya menunjukkan pola gambar desain topologi yang akan kita gunakan.

Sesuai dengan topologi diatas dimana pada ether 1 itu yakni IP Address yang terdapat padam modem ISP milik sahabat-sahabat contohnya 192.168.1.2/24 dan nantinya akan kita distribusikan ke client dengan memakai wireless atau juga menggunakan kabel. Dimana IP yang terdapat pada gambar tersebut 192.168.2.1/24 yakni dengan nama wlan1.
Kemudian untuk nama WiFi yang akan disebar yakni dengan memakai nama Hospot1 dan memiliki password 12345 (nama dan password tersebut mampu kamu rubah sesuai dengan impian anda masing-masing).

Cara Setting Hospot di Mikrotik Lengkap

Langsung saja kita masuk ke tutorial bagaimana cara setting hospot di mikrotik, tetapi sebelum itu pastikan mikrotik anda telah terhubung kedalam koneksi internet biar prosesnya berlangsung dengan lancar. Berikut yaitu bimbingan cara setting hospot mikrotik, antara lain :
  1. Silahkan pergi kemenu IP > Hospot dan pilih tombol Hospot Setup untuk membuat settingan hospotnya.

  2. kemudian pada Interface silahkan pilih sesuai dengan ether yang hendak kamu gunakan. Contohnya seperti digambar yaitu dengan menggunakan wlan1 *mesti mengaktifkan wlan terlebih dulu.
  3. Selanjutnya secara otomatis Local Address of Network akan terisi IP dengan sendirinya. Pada kotak Masquerade biarkan tercentang.

  4. Setelah itu pada menu Address pool biarkan secara defaul dan klik tombol Next. dan pada sajian certifiate biarkan settingannya none.
  5. Pada IP Address SMTP biarkan settingan secara default ialah 0.0.0.0 dan klik tombol next.
  6. Untuk DNS Servers, silahkan isi sesuai dengan dns yang telah kau buat sebelumnya yakni 8.8.8.8 (DNS Google) atau dengan memakai ip default ISP sahabat masing-masing.
  7. Kemudian pada DNS Name silahkan teman-sobat isi sesuai url hospot yang sahabat-sahabat inginkan misalnya nama link yang belum terdaftar pada google.
  8. Terakhir pada Create user silahkan sahabat-sobat isi sesuai user pertama yang ingin teman-sobat buat, dimana disini aku menciptakan menjadi username: admin dan password: admin dan klik tombol Next.

  9. Selamat anda sudah sukses menciptakan settingan hospot pada mikrotik sahabat-sahabat.
  10. Untuk melakukan pengujian silahkan hubungkan laptop anda dengan ether hospot yang telah kau buat sebelumnya yang nantinya anda akan dibawa kehalaman login apalagi dahulu seperti gambar dibawah ini.

  11. Untuk mendapatkan terusan internet silahkan anda masukan username yang sudah dibentuk sebelumnya yakni pada login masukan admin dan paswword admin.
Demikianlah panduan perihal bagaimana Cara Setting dan Konfigurasi Hospot di Mikrotik Lengkap beserta gambar step by stepnya. Apabila anda mempunyai hambatan atau masalah seputar postingan diatas mampu menghubungi aku melalui contact atau komen dibawah postingan ini.
Sekian dan terima kasih supaya postingan yang telah aku buat ini bisa berguna buat eksklusif aku sendiri dan sobat-sahabat sekalian dalam membuat suatu perjuangan hospot dengan menggunakan mikrotik sebagai manajemennya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *