Cara Setting Mikrotik Agar Bisa Terhubung Ke Jaringan Internet

Cara Setting Mikrotik Agar Bisa Terhubung Ke Jaringan Internet


Cara Setting Mikrotik Agar Terhubung ke Jaringan Internet
– Kebutuhan kala teknologi saat ini yang namanya internet pasti banyak anda temui pada kehidupan masyarakan tekhusus di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, kemajuan teknologi yang kian hari semakin pesat ini banyak sekali berbagai macam opsi maupun cara untuk menciptakan suatu konfigurasi jaringan internet tersebut pada perangkat komputer.

Salah satu pola perangkat jaringan internet yang mempunyai banyak faedah dalam mengatur jaringan yaitu sebuah Mikrotik. Sebelum kita memasuki langkah-langkah dalam melakukan settingan mikrotik, berikut ini sudah kami jabarkan perihal pengerti dari Mikrotik.

Apa Itu Mikrotik ?

Mikrotik adalah salah satu sistem operasi yang berupa perangkat lunak (software) dan alat tersebut dapat dikembangkan untuk berbagai macam paket layanan internet dan untuk membuat lebih mudah dalam problem administrasi jaringan komputer. Untuk metode operasi ini sangat banyak digunakan dalam membangun manajemen jaringan dalam sekala kecil dan besar.
Namun, seperti yang kita pahami bahwa aneka macam orang yang salah mengerti dari pengertian dari perangkat lunak Mikrotik dengan salah satu perangkat jaringan adalah router. Karena intinya Mikrotik ini yakni suatu sistem operasi yang termaksud kedalam sebuah kelompok open source, sementara itu router yaitu suatu perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara dua jaringan atau lebih.

Cara Setting Mikrotik Agar Terhubung ke Jaringan Internet

Dalam hal ini untuk melakukan sebuah settingan Mikrotik Agar alat tersebut dapat terhubung kedalam jaringan internet, anda harus melaksanakan beberapa settingan kedalam alat tersebut supaya mampu terhubung ke jaringan internet tersebut. Tetapi sebelum kita melaksanakan settingan, tentukan anda sudah memahami topologinya apalagi dahulu.

Setelah anda menyesuaikan topologi tersebut pada perangkat anda masing-masing, langkah selanjutnya yang mesti kamu kerjakan yakni mendownload apalagi dulu aplikasi software Winbox yang mampu anda unduh melalui situs web official Mikrotik di https://mikrotik.com/download. Anda melakukan konfigurasi untuk menghubungkan perangkat mikrotik ke jaringan internet dengan mengikuti panduan dibawah ini :
  1. Silahkan buka aplikasi Winbox anda.
  2. Setelah itu pada tab Neighbors, kemudian klik pada Mac Address Mikrotik yang terhubung. (Pada Username dan Password silahkan anda isi secara default yaitu Username “Admin” dan untuk password kosongkan), Lalu klik Connect.

  3. Setelah anda login, pilih menu Interfaces.
    – Ether 1 -> Modem Internet
    – Ether 2 -> Port yang terkoneksi ke PC anda.

  4. Agar mikrotik terhubung pada IP Address ISP sobat masing-masing, kamu perlu melaksanakan settingan pada DHCP Client. Untuk caranya pergi ke hidangan IP > DHCP Client > klik tanda + > Pada tab DHCP Interface pilih ether 1 dan klik OK. Fungsinya supaya mikrotik anda menerima IP pada internet ISP teman masing-masing.

  5. Apabila anda telah melakukan settingan sebelumnya pada status DHCP Client nanti statusnya berubah menjadi Bound.
  6. Langkah berikutnya, setting DNS Server dengan cara pilih tab IP > DNS Server > Masukkan DNS pada kolom server yaitu 8.8.8.8 dan centang pada kotak Allow Remote Request dan klik Ok.
  7. Untuk melaksanakan pengecekan jika seluruh konfigurasi sudah tamat, anda bisa melaksanakan pengujian pada hidangan New Terminal > dengan cara melaksanakan ping pada google yaitu dengan mengetikkan “ping www.google.com” bila konfigurasi sudah selesai nanti nya proses ping bakal sukses.
  8. Setelah anda selesai dalam melakukan konfigurasi pada port ether 1, langkah berikutnya yaitu dengan melakukan konfigurasi pada port ether 2 untuk meneruskan koneksi ke client. Pertama silahkan menambahkan IP Address pada pc dengan cara pilih hidangan IP > Address > lalu klik tombol + > Isi pada kolom addres dengan memasukan ip client contohnya seperti 192,168.2.1/24 pada kolom interface pilih ether 2 > dan klik tombol OK.
  9. Selanjutnya adalah melaksanakan setting DHCP Server dengan cara klik pada sajian IP > DHCP Server > DHCP Setup > lalu pilih pada ether 2 dan Next > untuk semuanya pilih default hingga di final klik OK.
  10. Langkah terakhir yakni melakukan settingan source NAT dengan cara pilih hidangan IP > Firewall > kemudian pilih pada tab NAT > klik pada tombol + > pada bagian General Out Interface pilih ether 1 dan klik tombol Action > pilih menu Masquerade dan klik OK.
Setelah seluruh settingan telah anda kerjakan sesuai intruksi yang telah aku berikan diatas, langkah selanjutnya yaitu dengan melaksanakan checking pada client anda yaitu dengan membuka sajian CMD dan ketik “ping google.com” jika internet sudah terhubung nantinya tampilan pada CMD akan terlihat seperti digambar.

Akhir Kata

Mungkin sekian dahulu pembahasan kita kali terkait bagaimana cara melaksanakan setting mikrotik agar terhubung ke jaringan Internet, lebih dan kurang admin mohon maaf sekian dan terima kasih. Apabila artikel ini dikira berguna buat sahabat-teman sekalian jangan lupa share dan comentnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *