Cara Setting Modem Fiberhome An5506 04 Fs Menjadi Access Point

 Maka terkadang setiap pengguna modem menginginkan modem yang digunakan Cara Setting Modem Fiberhome AN5506 04 FS Menjadi Access Point
Cara Setting Modem Fiberhome AN5506 04 FS Menjadi Access Point

Calonsiswa.id – Karena jaringannya yang bisa diperluas, serta tidak memerlukan repeater. Maka terkadang setiap pengguna modem mengharapkan modem yang digunakan, mampu diubah menjadi access point. Tak terkecuali dengan modem Fiberhome an5506 04 fs. Namun adakah cara setting modem fiberhome an5506 04 fs menjadi access point?
Mengingat memang tidak semua pengguna dari modem jenis ini, bisa dengan gampang diubah menjadi access point dari modem yang satu ini. Namun kalau memang mampu diubah, pastinya hal ini akan menjadi sungguh menyenangkan, bukan? Yuk cari tahu caranya!

Bagaimana Cara Setting Modem Fiberhome AN5506 04 FS Menjadi Access Point ?

Seperti diketahui, hingga kini sudah banyak merk modem ONT yang  semakin marak dijual tamat-akhir ini. Sebut saja ZTE, Huawei, Cisco sampai Fiberhome. Nah, bagi Anda yang masih awam, tentunya akan merasa abnormal dengan istilah ONT ini.
ONT sendiri merupakan kependekan dari Optical Network Termination. Yaitu suatu jaringan internet yang menanggulangi serat optis, jaringan TCP/IP, maupun jaringan wifi. Setiap modem umumnya dilengkapi dengan jaringan ONT ini.
Nah, seperti halnya dengan modem ONT yang lainnya. Modem Fiberhome an5506 04 FS ini memang sukar untuk mengubahnya menjadi access point. Bahkan, ada beberapa orang yang berpendapat, bahwa untuk melakukan penyetingan ini haruslah dilakukan oleh tenaga andal. Terutama tenaga jago dari Indihome/Fiberhome itu sendiri.
Memang benar sekali.. untuk melaksanakan hal itu diperlukan komponen kehati-hatian. Karena jikalau tidak, bukannya menerima access point yang diinginkan. Malah justru, koneksi internet Anda menjadi terputus, atau mungkin tidak mampu dipakai lagi.
Meskipun demikian, ada kok cara setting modem Fiberhome an5506 04 FS menjadi access point ini. Anda mampu mencobanya dengan memanfaatkan modem bekas pakai. Untuk panduannya sendiri, bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini!

Cara Setting Modem Fiberhome AN5506 04 FS Menjadi Access Point Dengan Modem Indihome Bekas

Meskipun sering dianggap sukar, tetapi Anda juga bisa kok mengganti modem Indihome jenis Fiberhome menjadi access point. Khususnya modem Fiberhome an5506 04 FS. Untuk penjelasannya, bisa Anda simak dalam uraian berikut ini. Diantaranya sebagai berikut :

1. Alat Yang Harus Dipersiapkan

Sebelum mengawali penyetingan modem Fiberhome an5506 04 FS menjadi access point ini. Terlebih dulu, Ada diharuskan untuk mempersiapkan sejumlah perlengkapan mirip :
  • Modem
  • Adaptor
  • Kabel LAN straight
  • Jarum, serta
  • Komputer/laptop/netbook

2. Panduan/Cara Setting Modem Fiberhome an5506 04 FS Menjadi Access Point

Setelah menyiapkan sejumlah perlengkapan yang diperlukan, Anda bisa mencoba untuk melakukan cara setting modem Fiberhome an5506 04 FS menjadi access point ini. Ingin tahu caranya ? berikut beberapa langkahnya! Diantaranya selaku berikut :
  • Masukkan adaptor pada modem, kemudian tekan tombol power/ON
  • Tunggu hingga indikasi modem menyala, serta indikasi WLAN serta sinyal los terlihat kedap-kedip berwarna merah
  • Tekan tombol reset dengan memakai jarum. Tekan selama 5 hingga 10 detik
  • Biarkan sampai lampu berkedip semua. Kemudian lepaskan hingga semua lampu tersebut mati
  • Tunggu beberapa dikala, hingga proses restart final
  • Jika proses restart tersebut tamat, langkah berikutnya ialah Anda tinggal memasukkan kabel LAN straight ke port modem. Tunggu hingga modem menyala, dan terlihat kedip-kedip warna berwarna merah
  • Disisi lain, masukkan kabel LAN ke komputer/laptop maupun netbook
  • Tunggu beberapa saat, sampai proses identifikasi simpulan, dan Anda mendapatkan IP
  • Jika IP sudah Anda peroleh, Anda bisa segera masuk ke browser dengan memasukkan URL 192.68.1.1
  • Jika URL yang Anda masukkan sempurna, maka dalam performa monitor akan muncul halaman login
  • Masukkan nama user yang dipakai, serta password user. Kurang lebih tampilannya mirip ini,
    User : user
    Password : user1234
  • Masukkan kanal admin/root, tampilannya seperti ini :
    User : admin
    Password : admin
  • Setelah proses login tamat, maka Anda akan dibawa ke halaman utama situs/URL tersebut. Pilihlah menu network. Kemudian dilanjutkan dengan hidangan yang berada di samping broadband setting, serta sajian setting
  • Pilih sajian add yang berada di kolom bab atas
  • Lanjutkan dengan menentukan hidangan service type internet, kemudian menu connection type bridge, menu vlan id, dan juga sajian priority. Khusus yang terakhir, Anda mampu memasukkan angka mana saja yang Anda harapkan
  • Checklist semua port LAN, dari LAN 1 sampai LAN 4, atau LAN mana saja, yang berdasarkan Anda akan diaktifkan
  • Checklist SSID, lalu pilih kolom apply
  • Maka secara otomatis, modem akan melakukan restart. Dan modem Fiberhome an5506 04 fs Anda ini, telah menjadi access point

Akhir Kata

Nah, itu ia beberapa cara setting modem Fiberhome an5506 04 Fs menjadi access point ini. Namun perlu diingat, cara ini memang tidak sepenuhnya berhasil. Tergantung dari modem yang dipakai serta problem yang lain. Jika hal ini terjadi pada Anda. maka penyelesaian terbaik, pastinya dengan menelepon petugas Indihome, untuk penanganan lebih lanjut.
Karena memang, pengguna modem Indihome Fiberhome memiliki keinginan untuk menerima jaringan internet yang tidak terbatas. Sementara untuk memperbesar jaringan, Anda harus menggunakan repeater, yang harganya tidak murah. Maka banyak orang yang mempunyai ide untuk mengganti modem Fiberhome an5506 04 fs yang dimiliki menjadi access point.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *