Cara Shalat Istikharah Yang Benar, Agar Diberi Petunjuk Jodoh Dan Pekerjaan (Lengkap)

Cara Shalat Istikharah Yang Benar, Agar Diberi Petunjuk Jodoh Dan Pekerjaan (Lengkap)-adalah artikel yang sekarang kamu cari jika kamu belum mengetahui caranya bagaimana, Shalat istikharah ini dimaksudkan agar kita mendapatkan petunjuk yang terbaik dari dari Allah SWT dalam menghadapai kehidupan ini.
Cara Shalat Istikharah Yang Benar, Agar Diberi Petunjuk Jodoh Dan Pekerjaan (Lengkap)
Terkadang kita bingung untuk menentukan pilihan yang bahkan bisa menyebabkan tindakan yang kita pilih tanpa pikir panjang bisa berakibat fatal terhadap masa depan hidup kita, untuk itu Allah SWT memberikan kita pengetahuan tentang shalat Istikharah, dan tentunya shalat Istikharah ini akan menjadi jawaban mana yang harus kita pilih dalam melakukan pilihan.
Sebagaimana Riwayat Hadits Nabi Muhammad SAW Dari Sahabat Berikut :
Dari Shahabat Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Nabi Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajarkan kepada kami tentang shalat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapai, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surat dari al-Quran.
Dan Beliau, Rasulullah Saw berkata, “Kalau salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (Hadits Riwayat Al-Bukhari)
Juga menjadi bukti melalui hadits di atas bahwa shalat Istikharah adalah ibadah sunnah yang ada tuntunannya dari Nabi Muhammad SAW agar umatnya bisa mendapatkan petunjuk yang terbaik melalui shalat istikharah ini.
Nah sesuai judul artikel ini yaitu cara shalat istikharah, Di bawah ini adalah tata caranya yang benar dan lengkap dengan doa dan terjemahahannya juga waktu yang terbaik untuk shalat Istikharah.

Cara Shalat Istikharah yang Benar

  • Berwudhulah sebagaimana biasanya sebelum kita sholat wajib atau sunnah maka wajib wudhu.

  • Gunakanlah pakaian suci yang menutup aurat dan sopan karena kita akan menghadap Sang Pencipta

  • Setelah itu, maka berdirilah menghadap kiblat untuk mulai shalat Istikharah, berikut adalah lafadz niatnya:

اُصَلِّى سُنَّةَ اْلاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

(Ushollii sunnatal istikhaarati rak’ataini lillaahi ta’aala)
Artinya:
“Saya berniat shalat sunnat Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala”
  • Bacalah Niat di atas dengan lisan sebelum takbiratul ihram, dan baca di dalam hati ketika takbiratul ihram

  • Dan bacalah rukun-rukun sholat dengan khusyu seperti biasa yang kita lakukan dalam sholat wajib dan sunnah lain

  • Menurut beberapa riwayat, di rakaat pertama hendaknya kita membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas di rakaat kedua.

Waktu Shalat Istikharah

Lalu kapankah shalat Istikaharah harus dilakukan? Shalat Istikharah tidak mempunyai patokan harus dikerjakan di pagi hari atau malam itu artinya bisa dilakukan kapan saja mau pagi atau malam, namun dikarenakan malam hari adalah waktu yang sunyi dan akan membuat kita lebih khusyu maka waktu malam adalah yang terbaik sebagaimana waktu tahajjud

Lafadz Atau Bacaan Doa Sesudah Sholat Istikharah

Setelah Shalat Istikharah kita selesai, hendaknya kita berdzikir kemudian berdoa
Seperti biasanya bahwa dalam setiap ibadah pasti ada doanya begitu juga dengan sholat istikaharah yang juga mempunyai doanya,
Berikut lafadznya di bawah ini :


اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَ(……)خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَ(…….)شَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.

Di bagian kurung itulah inti dari doa kita dan mintalah sesuai keinginan kita yaitu meminta petunjuk yang terbaik kepada Allah SWT,
boleh menggunakan bahasa yang kita pahami.
Adapun Arti dari doa di atas yaitu :
Ya Allah Ya Tuhanku, Bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa. Sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini (…..) adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya. Maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu (…..) menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya.
Maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu.”
Itulah Cara Shalat Istikharah Yang Benar, kerjakanlah shalat ini terus menerus sampai petunjuk dan tanda itu datang dalam mimpi tidur kita, Insya Allah datang petunjuk mengenai, pekerjaan, sekolah, jodoh dan hal lain yang membuat kita bimbang dalam memilih keputusan, Semoga bisa menjadi pencerahan bagi kamu yang belum belajar mengenai shalat istikharah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *