Doa Sesudah Wudhu, Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mencontohkan umat Islam untuk membaca doa sesudah wudhu. Wudhu atau bersuci dilakukan sebelum melakukan sholat. Kegiatan ini menjadi salah satu syarat sahnya sholat. Berikut doa sesudah atau sehabis wudhu.

alaihi wa sallam mencontohkan umat Islam untuk membaca  Doa Setelah Wudhu, Lengkap Arab, Latin dan Artinya

أَشْهَدُ أَنْ لآّاِلَهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللّهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLOOHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHUUWA ROSUULUHUU, ALLOOHUMMAJ’ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA

Artinya:
Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad yaitu hamba dan delegasi Allah. Ya Allah, jadikanlah saya tergolong dalam kelompok orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih).” (Dari hadits riwayat Imam Muslim dan Imam at-Tirmidzi)

Tata Cara Wudhu

  1. Berniat wudhu (dalam hati) untuk menetralisir hadats.
  2. Mengucapkan basmalah (bacaan bismillah).
  3. Membasuh dua telapak tangan sebanyak 3 kali.
  4. Mengambil air dengan asisten lalu memasukkannya ke dalam lisan dan hidung untuk berkumur-kumur dan istinsyaq (memasukkan air dalam hidung). Kemudian beristintsar (mengeluarkan air dari hidung) dengan tangan kiri sebanyak 3 kali.
  5. Membasuh seluruh tampang dan menyela-nyelai jenggot sebanyak 3 kali.
  6. Membasuh ajudan sampai siku berbarengan dengan menyela-nyelai jemari sebanyak 3 kali kemudian dilanjutkan dengan yang kiri.
  7. Menyapu seluruh kepala dengan cara mengusap dari depan ditarik ke belakang, kemudian ditarik lagi ke depan, dilaksanakan sebanyak 1 kali, dilanjutkan menyapu bagian luar dan dalam indera pendengaran sebanyak 1 kali.
  8. Membasuh kaki kanan hingga mata kaki berbarengan dengan menyela-nyelai jemari sebanyak 3 kali lalu dilanjutkan dengan kaki kiri.

Rukun dan Sunnah Wudhu

Rukun Wudhu

  1. Membaca bismillah saat hendak wudhu.
  2. Membasuh paras , termasuk dalam membasuh muka adalah berkumur-kumur, istinsyaq dan istintsar.
  3. Menyela-nyelai jenggot.
  4. Membasuh kedua tangan hingga siku.
  5. Menyapu kepala dengan air, kedua indera pendengaran termasuk dalam bab kepala.
  6. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki.
  7. Muwalah (berturut-turut dalam membasuh anggota-anggota wudhu).

Sunnah Wudhu

  1. Bersiwak.
  2. Mencuci kedua tangan tiga kali saat hendak berwudhu.
  3. Bersungguh-sungguh dalam beristinsyaq dan berkumur-kumur ketika tidak sedang berpuasa.
  4. Mendahulukan membasuh anggota wudhu yang kanan.
  5. Membasuh anggota wudhu sebanyak 2 kali atau 3 kali.
  6. Tertib (membasuh anggota wudhu sesuai tempatnya).
  7. Berdo’a ketika sudah final berwudhu.

Dari ‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu; beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ »

“Siapa yang berwudhu dengan memperbagus wudhunya kemudian dia mengucapkan ‘ASY-HADU ALLA ILAAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIKALAH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA ROSULUH, ALLOHUMMAJ’ALNII MINATTAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIIN’ (artinya: Aku bersaksi bergotong-royong tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad yakni hamba dan delegasi-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah saya sebagai orang yang bersuci), dengan dia membacanya melainkan akan dibukakan baginya delapan pintu nirwana, ia akan masuk lewat pintu mana saja yang ia mau.” (HR. Tirmidzi, no. 55. Syaikh Al-Albani menyampaikan bahwa hadits ini shahih)

Referensi :
https://www.yuksinau.id/doa-sebelum-dan-sehabis-wudhu
https://muslim.or.id/1810-tutorial-mudah-tata-cara-wudhu.html
https://islam.nu.or.id/post/read/68130/doa-sesudah-wudhu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *