Simak 7 Cara Mengecilkan Pori-pori Tanpa Merusak Kulit

Simak 7 Cara Mengecilkan Pori-pori Tanpa Merusak Kulit

cepidis.com – Simak 7 Cara Mengecilkan Pori-pori Tanpa Merusak Kulit

7 cara mengecilkan pori-pori tanpa merusak kulit. Pori-pori adalah lubang kecil di kulit yang memungkinkan minyak alami tubuh dilepaskan untuk menjaga kelembapan kulit. Yah, mereka semua memiliki ukuran pori yang berbeda. Orang dengan kulit berminyak seringkali memiliki pori-pori yang besar. Ada banyak cara mengecilkan pori-pori sebagai kebiasaan sehari-hari. Hal ini membuat kulit Anda lebih halus, terawat dan bebas dari berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh pori-pori besar seperti komedo dan jerawat.

Meskipun Anda tidak dapat mengontrol jumlah sebum dan minyak yang dihasilkan tubuh Anda, ini dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dari permukaan kulit dan mencegah pori-pori membesar. Pori-pori besar pada kulit rentan tersumbat karena produksi sebum dan debu yang berlebihan. Ketika pori-pori tersumbat, pori-pori menjadi lebih besar, yang memfasilitasi terjadinya masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Oleh karena itu, penting bagi mereka yang memiliki pori-pori membesar untuk mengetahui cara yang tepat untuk menyempitkannya agar tidak mengalami masalah kulit tersebut.

Cara Mengecilkan Pori-pori

Ada beberapa cara mengecilkan pori-pori yang bisa Anda coba untuk membuat kulit Anda lebih halus.

1. Pilih produk perawatan kulit yang tepat

Salah satu cara paling penting untuk mengecilkan pori-pori adalah memilih produk perawatan kulit yang tepat. Carilah produk nonkomedogenik, bebas minyak, bebas alkohol, dan berbahan dasar air agar tidak salah pilih. Selain itu, pilihlah pembersih wajah yang menghilangkan kotoran dan minyak berlebih tanpa menghilangkan kelembapan kulit dan mengencangkan pori-pori.

Asam glikolat adalah salah satu bahan paling efektif dalam produk perawatan kulit. Untuk pori-pori terbuka atau kulit berminyak, Anda harus memilih pembersih wajah berbentuk gel. Sedangkan untuk kulit normal dan kering, Anda bisa memilih pembersih wajah berbentuk krim.

2. Bersihkan wajah dengan cara yang benar

Selain merawat produk perawatan kulit, Anda juga harus membersihkan wajah dengan baik agar pori-pori kulit tidak terbuka.

Berikut beberapa cara membersihkan wajah yang bisa Anda gunakan:

  • Cuci muka dengan air hangat
  • Oleskan pembersih wajah secukupnya. Pijat lembut wajah dan leher dengan gerakan memutar selama 30-60 detik.
  • Hindari menggosok wajah secara berlebihan untuk menghindari iritasi kulit dan peradangan yang dapat menyebabkan pori-pori membesar.
  • Cuci dan keringkan wajah Anda dengan handuk lembut.

Dianjurkan juga untuk mencuci muka setiap pagi dan sore hari sebelum tidur agar pori-pori tetap bersih dan mencegah jerawat.

3. Melembabkan kulit wajahmu secara teratur

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang dengan kulit berminyak adalah tidak menggunakan pelembap wajah karena takut membuat wajahnya berminyak. Padahal, menggunakan pelembap sangat penting karena membantu menyerap minyak alami di lapisan kulit yang lebih dalam.

Tentunya tidak hanya mengurangi produksi minyak di kulit, tapi juga dapat melembabkan kulit dengan baik. Ketika sel-sel kulit terhidrasi dengan baik, pori-pori tampak lebih kecil karena pori-pori yang terbuka terisi air dari pelembap. Untuk menghindari pori-pori tersumbat, pilihlah pelembap wajah berbahan dasar air yang bebas minyak.

4. Gunakan tabir surya setiap hari

Menggunakan tabir surya sangat bermanfaat untuk perlindungan kulit, terutama bagi mereka yang ingin menutup pori-pori. Karena paparan sinar matahari merusak kulit, mengeringkannya, dan membuat pori-pori semakin terlihat. Anda bisa memilih produk tabir surya berbahan dasar air dengan SPF minimal 30 atau lebih tinggi.

5. Eksfoliasi kulit

Salah satu pilihan terpenting untuk mengurangi pori -pori kulit adalah mengelupas atau mengelupas. Selain menghilangkan sel -sel kulit mati dan kelebihan minyak pada wajah, mengelupas kulit wajah dengan teknik menggosok juga dapat menghilangkan kotoran yang mencegah pori -pori kulit.

Namun, sebaiknya lakukan eksfoliasi hanya dua kali seminggu dan pilih produk yang mengandung asam glikolat, asam alfa hidroksi (AHA), atau asam beta hidroksi (BHA), yang juga dikenal sebagai asam salisilat. Bahan-bahan ini tidak hanya memaksimalkan manfaat pengelupasan kulit Anda, tetapi juga dapat menembus jauh ke dalam pori-pori Anda untuk mengobati jerawat.

6. Pakailah masker wajah secara teratur

Masker wajah juga harus digunakan untuk mengencangkan pori-pori. Salah satu jenis masker yang bermanfaat untuk mengatasi pori-pori yang membesar adalah clay mask. Masker jenis ini mampu mengangkat sel kulit mati, kotoran dan minyak berlebih serta membuat pori-pori tampak lebih kecil.

Dianjurkan untuk menggunakan masker tanah liat sekali atau dua kali seminggu, tetapi tidak pada hari yang sama saat Anda mengelupas kulit karena akan menimbulkan kecemburuan.

7. Jaga kebersihan kulit saat tidur

Menghapus make up atau menghilangkan make up dari wajah sebelum tidur adalah hal yang penting setiap saat. Tidur di malam hari dengan riasan di kulit tidak hanya dapat menyumbat dan melebarkan pori-pori, tetapi juga merusak kulit. Itulah cara-cara mengecilkan pori-pori yang bisa Anda lakukan. Jika berbagai metode ini tidak dapat meredakan ketidaknyamanan Anda, maka Anda harus mengunjungi dokter agar Anda dapat memperoleh manfaat dari perawatan yang tepat.